Selasa, 17 Mei 2011

PERAN UKS SD

UKS Sekolah Dasar menciptakan sekolah sehat

Filed Under (Health, children) by Sukandar.com on 17-05-2011 and tagged , , , ,
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak sekolah dasar khususnya pendidikan kesehatan maka upaya pnebinaan kesehatan pada anak usia sekolah di sekolah dasar perlu dikembangkan. mengingat kelompok anak usia sekolah adalah kelompok yang paling potensial untuk penyebaran informasi kesehatan dan sebagai sumber daya manusia yang paling baik dalam pengembangan dan pembangunan khususnya di bidang kesehatan. Salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan anak usia sekolah adalah dengan penbinaan pelayanan kesehatan anak sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses pendidikan formal haruslah melaksanakan Trias UKS, yaitu:
  1. Pendidikan kesehatan
  2. Pelayanan kesehatan
  3. Pembinaan lingkungan sehat.

Agar Trias UKS ini dapat terlaksana dengan baik maka sekolah harus mampu dan menjadi suatu tempat yang dapat meningkatkan derajat kesehatan peserta didiknya. dengan tidak lupa berpegang teguh pada tujuan UKS yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat (good behavior change) dan derajat kesehatan peserta didik dan masyarakat sekolah serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal bagi para peserta didik.
Ada 6 ciri utama sekolah sehat yang mempromosikan dan meningkatkan kesehatan, yaitu:

  1. Pihak -pihak yang concern dengan kesehatan disekolah. sekolah melibatkan berbagai pihak untuk upaya meningkatkan derajat kesehatan sekolah, diantaranya: peserta didik, orang tua/wali murid, komite sekolah, tokoh masyarakat, masyarakat sekitar sekolah dan dinas yang terkait dengan kesehatan sekolah.
  2. Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan aman, meliputi ketersedian air yang cukup bagi masyarakat sekolah (school community), ketersediaan fasilitas sanitasi dan jamban yang baik, pekarangan sekolah yang bersih, indah, aman dan bebas dari segala macam bentuk kekerasan dan pengaruh - pengaruh negatif serta bebas dari penyalah gunaan zat-zat perbahaya dan pelecehan sexual.
  3. Adanya pendidikan kesehatan dengan cara pemberian pelatihan (training) uks bagi guru-guru, orang tua murid dan masyrakat sekitar sekolah, pelatihan dokter kecil, memberikan ketrampilan hidup yang mendukung kesehatan fisik, mental dan sosial, mengintegrasikan pendidikan kesehatan kedalam kurikulum sekolah yang mampu meningkatkan sikap dan prilaku positif peserta didik terhadap kesehatan.
  4. Memberikan kesempatan (akses) terhadap pelayanan kesehatan di sekolah, yaitu dengan cara mengadakan penjaringan kesehatan bagi siswa baru, diagnosa dini, pemantuan perkembangan, imunisasi, pemberian makanan tambahan, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut,serta pengobatan sederhana.
  5. menerapkan kebijakan-kebijakan yang berupaya untuk mempromosikan kesehatan di sekolah. Kepala sekolah membuat kebijakan tentang kesehatan sekolah yang di dukung oleh seluruh guru-guru disekolah, komite sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar sekolah.
  6. Bekerja keras dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kesehatan disekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Dengan adanya partisipasi sekolah dalam kegiatan-kegiatan kesehatan maka seluruh komponen masyarakat akan tergugah utuk mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes